Shifa, Sutraliana (2021) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV BETON BLOCK RINGAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (621kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
CV Beton Block Ringan Padang merupakan industri pengolahan beton ringan yang berdiri pada tahun 2010 sebagai salah satu inovasi produk bahan bangunan tahan gempa. Beton ringan digunakan pada konstruksi dinding bangunan dengan bahan penyusun berupa semen, air, agregat halus dan zat kimia khusus. Ide usaha ini sangat potensial mengingat pembangunan Infrastruktur yang sedang menjadi prioritas pemerintah sejak 2014 dan berdirinya CV beton Block Ringan sebagai upaya untuk menunjang pembangunan Sumatera Barat yang terdampak gempa bumi pada tahun 2009 dan diharapkan mampu menghasilkan inovasi bahan bangunan yang berkualitas. Seiring berjalannya waktu, dengan terpenuhinya pembangunan terdampak gempa bumi, terjadi penurunan penjualan yang signifikan pada 4 tahun terakhir (2017-2020) karena munculnya kompetitor dengan kualitas produk dan harga yang bersaing serta kelemahan pemasaran produk beton ringan CV Beton Block Ringan yang hanya mengandalkan promosi sederhana yaitu personal selling dan word of mouth marketing, sehingga belum mampu memaksimalkan penjualan dan mencapai target yang ditetapkan. Perumusan strategi pemasaran produk beton ringan CV Beton Block Ringan perlu dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan beton ringan agar dapat mencapai target yang ditetapkan. Perumusan strategi alternatif pemasaran dilakukan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT berdasarkan kondisi dari faktor lingkungan pemasaran CV Beton Block Ringan dari hasil analisis SWOT. Strategi prioritas diperoleh dengan menghitung Total Attractiveness Scores (TAS) terbesar dari setiap alternatif strategi menggunakan pendekatan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian, TAS terbesar diperoleh dengan nilai 6.318 yang ditetapkan sebagai strategi prioritas yang akan diimplementasikan pada pemasaran produk beton ringan CV Beton Block Ringan Padang. Perumusan strategi pemasaran telah mempertimbangkan posisi pemasaran produk beton ringan pada matriks IE yaitu pada posisi grow and build. Strategi prioritas yang diperoleh adalah strategi promosi yang terdiri dari penjualan melalui online shopping pada cakupan pasar yang diinginkan, edukasi pelanggan terkait beton ringan dibandingkan dengan produk substitusi, dan memaksimalkan penggunaan digital marketing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ir. Afri Adnan, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Beton Ringan, Analisis SWOT, Matriks SWOT, Matriks IE, TAS, QSPM |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 07:16 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 07:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80381 |
Actions (login required)
View Item |