PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) AROSUKA

Ulfie, Febriningsih (2021) PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) AROSUKA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan masyarakat semakin meningkat terhadap pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan yang terstandar bagi peserta BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka yang memberikan pelayanan Kesehatan pada pasien pengguna BPJS Kesehatan, RSUD Arosuka meningkatkan pelayanan kesehatan pada pasien pengguna BPJS Kesehatan dengan mempermudah alur pengurusan persyaratan pasien BPJS Kesehatan, pembagian tugas perawat dalam perawatan kepada pasien, melengkapi sarana dan prasarana rawat inap BPJS Kesehatan. Akan tetapi upaya tersebut belum dapat mengurangi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka? Apa faktor – faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arosuka? Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer yaitu Penilitian dilakukan di RSUD Arosuka dan dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pelayanan Kesehatan dapat dikatakan belum sepenuhnya terpenuhi, hal ini berdasarkan pada ketepatan waktu pelayanan, proses pelayanan kesehatan penggunaan sistem komputerisasi masih rendah, dalam hal menetapkan persyaratan administrasi masih terlalu kaku tetapi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Bahwa dalam proses pemenuhan hak pelayanan peserta BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka terdapat beberapa kendala yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat terpenuhinya hak pelayanan peserta BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka, faktor pendukung diantaranya: Sikap kooperatif dari peserta BPJS Kesehatan di RSUD Arosuka terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Adapun faktor penghambatnya yaitu : prosedur dan mekanisme pemenuhan hak pelayanan yang kurang diketaui oleh peserta BPJS Kesehatan, Faktor Kebiasaan Masyarakat, faktor kurangnya kesadaran Peserta BPJS Kesehatan dalam memberikan laporan terkait keluhan pelayanan yang diterima, faktor internal di RSUD Arosuka, Faktor Eksternal di RSUD Arosuka. Kata kunci: Pelayanan kesehatan, BPJS

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Frenadin Adegustara, S.H., M.S
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:08
Last Modified: 05 Apr 2021 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73781

Actions (login required)

View Item View Item