TEACHER SUPPORT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Arifonesa, Pujana (2020) TEACHER SUPPORT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI TEXT FULL ARIFONESA PUJANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Inklusi merupakan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada ABK dan non ABK untuk belajar bersama-sama di sekolah reguler sehingga dapat memunculkan potensi yang dimiliki anak berkembang secara optional. Namun, pada penyelengaraannya memiliki permasalahan, salah satunya yaitu kurangnya tenaga pendidik atau GPK dari lulusan Pendidikan Luar Biasa. Hal ini menyebabkan pentingnya peranan guru untuk siswa ABK di sekolah inklusi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran teacher support pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMP Negeri 1 Banuhampu. Metode penelitian yamg digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 63 siswa ABK dan 48 guru yang di ambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan skala Perception of Teacher Support yang dikembangkan oleh Bru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82,5 % siswa ABK dan 91% guru di SMP Negeri 1 Banuhampu memiliki teacher support dalam kategori tinggi, dan 17% siswa ABK serta 4% guru termasuk dalam ketegori teacher support sedang. Hal ini berarti guru SMP Negeri 1 Banuhampu memiliki teacher support dalam hal memberikan emotional support, managerial support, autonomy support, dan academic support pada siswa ABK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yantri Maputra, M.Ed, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Teacher Support, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:08
Last Modified: 18 Feb 2021 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71550

Actions (login required)

View Item View Item