Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas selama Pandemi COVID-19

Muhamad, Imamhamda Muttaqien (2020) Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas selama Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan belajar mengajar pada pendidikan kedokteran di Indonesia selama pandemi COVID-19 mengalami adaptasi, yakni dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode ini diperkirakan berdampak pada motivasi belajar mahasiswa disebabkan sedikitnya pengawasan selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa kedokteran Universitas Andalas selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 309 responden yang merupakan mahasiswa kedokteran angkatan 2017, 2018, dan 2019. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dari hasil jawaban pada kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) sebagai alat ukurnya. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa mahasiswa kedokteran Universitas Andalas memiliki tingkat motivasi belajar tinggi sebesar 79% dan 21% mahasiswa memiliki tingkat motivasi belajar sedang, serta tidak ditemukan mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. Berdasarkan tahun masuk kuliah, didapatkan tingkat motivasi yang tinggi selama pandemi COVID-19 dengan persentase 66,7% pada mahasiswa kedokteran angkatan 2017, dan 87,5% pada mahasiswa kedokteran angkatan 2018, serta 88,9% pada mahasiswa kedokteran angkatan 2019. Kesimpulan penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran Universitas Andalas memiliki tingkat motivasi belajar sedang dan tinggi selama pandemi COVID-19, serta mahasiswa angkatan 2019 memiliki tingkat motivasi tinggi terbesar, yakni sebesar 88,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: Keywords: Medical education, learning motivation, pandemic, COVID-19, distance learning.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:25
Last Modified: 27 Jan 2021 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68266

Actions (login required)

View Item View Item