ANALISIS HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KENAGARIAN MUARA KIAWAI PASAMAN BARAT TAHUN 2019

ROVA, ELMI (2020) ANALISIS HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KENAGARIAN MUARA KIAWAI PASAMAN BARAT TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI full taxt)
SKRIPSI EEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan yang ada dalam diri anak untuk beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit. Perkembangan resiliensi penting dicapai anak, dikarenakan pada masa ini terjadi perubahan fisik, pembentukan karakter dan kepribadian anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi adalah efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan resiliensi dengan efikasi diri anak korban bullying pada siswa sekolah dasar di Kenagarian Muara Kiawai Pasaman Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif Analitik, Teknik pengambilan sampel adalah proporsional rondom sampling dengan jumlah sampel 101 orang dari kelas 4,5 dan 6. Instrumen penelitian menggunakan The Resilience scale dan Self-Efficacy scale. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah siswa menjadi korban bullying (42,98%), sebagian besar siswa korban bullying memiliki resiliensi rendah (51,5%), sebagian besar siswa korban bullying memiliki efikasi diri rendah (52,5%) dan adanya hubungan yang signifikan antara resiliensi dengan efikasi diri anak korban bullying pada siswa sekolah dasar di Kenagarian Muara Kiawai Pasaman Barat dengan p Value = 0,038 ( p Value<0,05). Perlu adanya peran dari orang tua dan pihak sekolah untuk memberikan dukungan dalam menghadapi masalah sehingga resiliensi dan efikasi diri siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, resiliensi, siswa korban bullying
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 10:02
Last Modified: 17 Jan 2020 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55096

Actions (login required)

View Item View Item