Konstruksi Identitas Second Account Instagram Pada Masa Kampanye Pilpres 2019

Pudja, Pilorazo Shatilla (2020) Konstruksi Identitas Second Account Instagram Pada Masa Kampanye Pilpres 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KONSTRUKSI IDENTITAS SECOND ACCOUNT INSTAGRAM PADA MASA KAMPANYE PILPRES 2019 Oleh: PUDJA PILORAZO SHATILLA 1410862020 Pembimbing: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si Rinaldi, M.I.Kom Masa kampanye pemilihan umum memunculkan second account yang menyebarkan informasi mengenai calon presiden dan calon wakil presiden. Banyaknya hoaks yang melalui propaganda dan persepsi negatif diiringi dengan merebaknya second account di media sosial instagram. Para pengguna second account mengkonstruksi identitas mereka dengan berbagai motif. Motif tersebut terbagi dua yakni because motive dan in order motive yang mempengaruhi konstruksi identitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi identitas yang dilakukan pengguna second account di instagram pada masa kampanye pemilu 2019 menggunakan teori Konstruksi Identitas oleh Manuel Castells yang membagi dalam tiga bentuk yaitu identitas legitimasi, identitas resistensi, dan identitas proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode etnografi virtual untuk melihat aktivitas virtual para pengguna second account. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi instagram para second account. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna second account mengkonstruksi identitas melalui aktivitasnya di instagram dengan motif yang berbeda. Pendukung Prabowo memiliki motif lingkungan sosial, pekerjaan, agama, pendidikan, penggunaan teknologi dan motif ekonomi. Second account pendukung Jokowi memiliki motif lingkungan sosial, aktivis, pengunaan teknologi, ekonomi, dan politik. Konstruksi identitas second account pendukung Prabowo adalah @suaro_urang_awak melakukan konstruksi identitas legitimasi, @generasi_milenial02 melakukan konstruksi identitas proyek, @politicsshit melakukan konstruksi identitas resisten. Second account pendukung Jokowi @01indonesia_maju dan @jokowiindonesia_ melakukan konstruksi identitas legitimasi. Kata Kunci: Konstruksi Identitas, Second Account, Motif , Instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:04
Last Modified: 17 Jan 2020 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55088

Actions (login required)

View Item View Item