Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler Di Foodmart Basko Grandmall Kota Padang

Agustin, Intania Permata (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler Di Foodmart Basko Grandmall Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat Kota Padang untuk berbelanja produk pangan di pasar modern, termasuk daging ayam broiler di Foodmart Basko Grand Mall. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik konsumen dalam membeli daging ayam broiler, (2) mengetahui karakteristik pembelian daging ayam broiler, dan (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen di Foodmart Basko Grand Mall Kota Padang. Penelitian dilaksanakan pada 1 November – 1 Desember 2024 dengan melibatkan 95 responden. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan sampel secara quota sampling dan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen didominasi oleh usia produktif (24–54 tahun) dengan tingkat pendidikan menengah hingga tinggi, sebagian besar bekerja sebagai karyawan swasta, PNS, dan pedagang, serta memiliki pendapatan pada kategori menengah ke atas. Karakteristik pembelian dipengaruhi oleh kombinasi faktor kualitas produk, kebersihan, pelayanan, dan ketersediaan. Analisis faktor menunjukkan bahwa faktor budaya (p-value 0,007) dan faktor psikologis (p-value 0,000) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor sosial (p-value 0,998) dan faktor pribadi (p-value 0,912) tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi positif terhadap kualitas, higienitas, dan kenyamanan berbelanja menjadi pendorong utama keputusan pembelian konsumen di pasar modern.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Rahmi Wati, S.Pt, M.Si ; Prof. Dr. Ir. Khasrad, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Daging Ayam Broiler; Structural Equation Model (SEM-PLS)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:00
Last Modified: 03 Sep 2025 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510360

Actions (login required)

View Item View Item