Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Dan Koordinasi Interfungsional Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Agroindustri Gula Aren Di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar

Mirtisa, Ayora (2025) Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Dan Koordinasi Interfungsional Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Agroindustri Gula Aren Di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Orientasi pasar yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional merupakan strategi penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran agroindustri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional terhadap kinerja pemasaran agroindustri gula aren di Nagari Andaleh Baruh Bukik, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar. Kinerja pemasaran diukur melalui indikator volume penjualan, pertumbuhan jumlah pelanggan, dan pertumbuhan laba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang terlibat dalam usaha gula aren, yang dipilih secara purposive, serta wawancara dengan informan kunci. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil ini menjelaskan bahwa penerapan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi intefungsional yang optimal dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan memperkuat daya saing produk gula aren. Saran pada penelitian ini diperlukan upaya pelaku usaha untuk lebih responsif terhadap kebutuhan pasar, memperhatikan dinamika persaingan, serta memperkuat koordinasi interfungsional dalam pengelolaan usaha, serta memperkuat koordinasi interfungsional dalam pengelolaan usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Nofialdi, M.Si; Dr. Zednita Azriani, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gula Aren; Kinerja Pemasaran; Koordinasi Interfungsional; Orientasi Pelanggan; Orientasi Pesaing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 03 Sep 2025 01:16
Last Modified: 03 Sep 2025 01:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510116

Actions (login required)

View Item View Item