Perancangan Kemasan Produk Kue Piciak-Piciak Buk Djas Sasuai Salero Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen

Kesogihan, R. Sultan Fauzi (2025) Perancangan Kemasan Produk Kue Piciak-Piciak Buk Djas Sasuai Salero Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Kue Piciak-Piciak)
Tugas Akhir Full Text Kue Piciak-Piciak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan industri yang semakin maju dan inovatif membuat persaingan pasar semakin kompetitif, sehingga suatu produk dapat mengalami kegagalan apabila tidak mampu memenuhi tuntutan konsumen. Peningkatan persaingan di industri makanan ringan menuntut pelaku UMKM untuk melakukan inovasi produk guna memenuhi preferensi konsumen. Kue Piciak-Piciak Buk Djas Sasuai Salero menghadapi tantangan dalam hal kemasan yang masih sederhana, kemasan yang tidak praktis dan kurang menarik, serta minimnya variasi rasa, sehingga berdampak pada tren penjualan yang cenderung stagnan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode Stage-Gate , sebuah proses bertahap yang terdiri dari serangkaian Stage (tahapan pengembangan dan perancangan) dan Gate (evaluasi keputusan), untuk merancang kemasan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kemasan menjadi prioritas utama perancangan, dengan 57,1% responden menyatakan perlunya perbaikan desain kemasan. Berdasarkan analisis konsep dan seleksi melalui concept screening matrix , dipilih solusi berupa kemasan standing pouch berbahan plastik fleksibel dengan zipper lock , ukuran 200 gram, yang praktis, tahan lama, dan mudah dibawa. Desain kemasan dilengkapi informasi lengkap seperti tanggal produksi, komposisi, dan nilai gizi, serta menampilkan elemen budaya Minangkabau. Keunikan lainnya adalah adanya komik literasi di bagian belakang kemasan sebagai media edukatif dan penguat identitas lokal. Varian rasa jagung dikembangkan sebagai inovasi baru berdasarkan preferensi konsumen. Harga jual ditetapkan sebesar Rp18.000 per kemasan setelah perhitungan biaya produksi dan mark-up 35%. Rancangan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik, nilai tambah, dan daya saing Kue Piciak-Piciak di pasar modern.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Prima Fithri S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kemasan; Kue Piciak-Piciak; Metode Stage-Gate; Pengembangan; dan Preferensi Konsumen
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 02 Sep 2025 01:30
Last Modified: 02 Sep 2025 01:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509642

Actions (login required)

View Item View Item