TINGKAT KEPUASAN PETANI BAWANG MERAH TERHADAP PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN GUGUK PANJANG KOTA BUKITTINGGI

Muhammad, Ikhsan (2024) TINGKAT KEPUASAN PETANI BAWANG MERAH TERHADAP PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN GUGUK PANJANG KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi yang bertujuan untuk; untuk mendeskripsikan kegiatan penyuluhan pertanian terhadap petani di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi dan mengetahui tingkat kepuasan petani terhadap pelayanan penyuluh pertanian di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling sebanyak 31 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kegiatan penyuluhan pertanian yang dilaksanakan berupa pendampingan dalam pengembangan komoditi bawang merah. Kegiatan ini dilaksanakan pada KWT Mutiara Banto Laweh dan KWT Berkah di Kecamatan Guguk Panjang. Metode yang digunakan pada kegiatan ini ialah metode ceramah, diskusi, praktek langsung dan demplot (Demonstrasi Plot). dilaksanakan pada satu periode musim tanam, 1 kali seminggu dengan 12 kali pertemuan. Peserta merupakan anggota kelompok tani terpilih, lokasi pada 2 tempat dilahan peserta, memuat materi terkait budidaya bawang merah. Berdasarkan penilaian Importance Performance Analysis (IPA) terdapat dua atribut yang dikategorikan pada kuadran I (prioritas utama) yaitu “kecepatan dalam menangani pengaduan petani” dan “mudah ditemui dan dihubungi untuk berkonsultasi”. Dan berdasarkan penilaian Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan indeks kepuasan petani dengan skor sebesar 0,8115 atau 81,15% yang dikategorikan “puas”. Dengan demikian, secara umum petani merasa puas terhadap pelayanan penyuluh pada kegiatan kegiatan pengembangan bawang merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP. M.Si. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Bawang Merah, Kepuasan Petani, Pelayanan Penyuluh Pertanian.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:38
Last Modified: 06 Aug 2024 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/472534

Actions (login required)

View Item View Item