Analisis Hambatan Pelaksanaan Reminder pada Penanganan Diabetes Melitus di Klinik Asy-Syifa Medika Kota Padang

Izza, Nurul (2024) Analisis Hambatan Pelaksanaan Reminder pada Penanganan Diabetes Melitus di Klinik Asy-Syifa Medika Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Tujuan: Upaya penanganan diabetes melitus adalah mengirimkan reminder jadwal kontrol rutin kepada pasien. Pelaksanaan reminder di Klinik Asy-Syifa Medika berjalan tidak optimal. Pada tahun 2023, reminder hanya dikirimkan sebanyak 8 kali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan pelaksanaan reminder pada penanganan diabetes melitus di Klinik Asy-Syifa Medika Kota Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method model concurrent embedded, dilakukan pada Juni-Desember 2023. Penelitian kualitatif dilakukan pada 6 informan menggunakan teknik purposive sampling dengan analisis triangulasi metode dan sumber, sedangkan penelitian kuantitatif dilakukan pada 56 responden dengan menggunakan analisis univariat. Hasil: Hambatan reminder dari segi petugas adalah kurangnya dukungan dari pimpinan, beban kerja tinggi, adanya rangkap jabatan petugas, tidak terdapat jadwal khusus, pedoman serta pelatihan reminder. Data pasien tidak selalu diperbaharui. Sosialisasi dan pengawasan reminder tidak menyeluruh. Pasien memberikan penilaian kurang baik terhadap materi reminder sebanyak 42,9%, kesan kurang baik sebanyak 44,6%, 33,9% respon kurang baik, dan 48,2% pasien merasa kurang puas terhadap pengiriman reminder. Kesimpulan: Pelaksanaan reminder belum berjalan optimal. Diperlukan peningkatan dukungan dari pimpinan, pelatihan kepada petugas dan pengorganisasian kerja yang jelas. Disarankan untuk membuat materi pesan, SOP, dan jadwal reminder yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Perlu dilakukan inovasi pembuatan pesan reminder.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Shelvy Haria Roza, SKM, M.Kes.; Ayulia Fardila Sari, ZA, SKM, MPH
Uncontrolled Keywords: Analisis Hambatan; Reminder; Diabetes Melitus
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:21
Last Modified: 30 Oct 2024 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/469812

Actions (login required)

View Item View Item