PENGALAMAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR ANAK PENDERITA DOWN SINDROM (Studi Fenomenologi pada Anak Down Sindrom di SLB YPPLB Padang)

Whulan, Febrianty Hanif (2023) PENGALAMAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR ANAK PENDERITA DOWN SINDROM (Studi Fenomenologi pada Anak Down Sindrom di SLB YPPLB Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (2).pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN (2).pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI penutup (2).pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
tugas akhir full text 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan figur sentral dalam dunia pendidikan khususnya saat terjalinnya proses interaksi belajar mengajar dan merupakan orang yang paling bertanggung jawab akan perkembangan potensi peserta didik. Peranan guru dalam proses pembelajaran sangat menentukan bagi pembentukan karakter anak didiknya. Guru secara langsung memegang peran untuk mempengaruhi apa yang mereka pelajari, bagaimana cara mereka dalam menerima pembelajaran, serta seperti apa cara mereka dalam berinteraksi di kehidupan sosial mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengalaman komunikasi guru dalam mengajar anak down sindrom di SLB YPPLB Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan pendekatan fenomenologis Edmund Husserl. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki komitmen dalam mengasuh dan mendidik anak down sindrom dengan menunjukkan pengalaman komunikasi merangkul dengan rasa kasih dan sayang, keterbukaan dengan memberikan keluasaan, mendukung dengan memberikan kebebasan dan komunikasi melalui empati dengan memberikan rasa nyaman dan menyenangkan. Konsep-konsep yang timbul dari pengalaman komunikasi guru yaitu kompetensi guru dalam membangun kepercayaan ADS dan konsistensi guru menjalankan kewajiban dalam mendidik. Komunikasi dilakukan secara tatap muka sehingga guru dan anak down sindrom dapat menangkap reaksi secara langsung serta dapat memberikan umpan balik segera. Makna esensial-transenden dari pengalaman guru yang peneliti dapatkan yakni makna kepedulian sebagai bentuk kasih sayang guru kepada ADS dan makna kepuasan batin guru dalam keberhasilan mendidik dan mengasuh ADS.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Pengalaman komunikasi, Guru, Anak Down Sindrom, Makna
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:55
Last Modified: 17 Oct 2023 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455457

Actions (login required)

View Item View Item