Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP Negeri 23 Kota Padang

Surrahmi, Maryam Iskandar (2018) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP Negeri 23 Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB5.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penyesuaian diri merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia. Dalam menyesuaikan diri, individu memerlukan dukungan sosial, salah satunya teman sebaya. Dukungan sosial teman sebaya merupakan keterlibatan positif yang dapat membantu meningkatkan interaksi sosial dan menurunkan tingkat perilaku bermasalah bagi siswa berkebutuhan khusus dalam menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 47 orang siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 23 Kota Padang, dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan Skala Penyesuaian Diri dan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya. Pengolahan hasil penelitian menggunakan uji korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMP Negeri 23 Kota Padang. Hal ini berarti dengan adanya dukungan sosial teman sebaya siswa berkebutuhan khusus dapat menyesuaikan diri di sekolah inklusi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Sedangkan nilai korelasinya sebesar 0,700 yang berada pada kategori kuat. Kata Kunci : Dukungan Sosial Teman Sebaya, Penyesuaian Diri, Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP Negeri 23 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yantri Maputra, PhD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 18 Oct 2018 15:40
Last Modified: 18 Oct 2018 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38665

Actions (login required)

View Item View Item