EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS

Zahira, Soraya Salma (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I - Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI - Penutup)
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full version)
Tugas Akhir Full Teks v2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada kehidupan global, termasuk di bidang pendidikan dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi. Pembatasan tatap muka memaksa pendidikan dilakukan secara daring demi meminimalkan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Fakultas Teknik, Universitas Andalas, dan menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa di sana. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari mahasiswa aktif angkatan 2018-2020 menggunakan teknik random sampling. Data kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 4 dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 38,8% mahasiswa menyukai pembelajaran daring meskipun 35,5% mahasiswa merasa bahwa pembelajaran daring kurang menghemat biaya. Selain itu, kenyamanan belajar, media pembelajaran, dan tantangan yang dihadapi selama pembelajaran daring memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Teknik, Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Daring, Motivasi Belajar, PLS (Partial Least Square)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:59
Last Modified: 06 Mar 2023 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199847

Actions (login required)

View Item View Item