RANI, RAFITRA (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE “JURAGAN KAOS” DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
3. BAB VI-4.pdf - Published Version Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
5. LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya sangat terbuka dengan teknologi baru dan produk-produk yang berkembang di dunia. Disisi lain dengan jumlah pemakai internet dari tahun ke tahun yang meningkat sangat pesat, maka pelaku bisnis online memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan bisnisnya. “Juragan Kaos” merupakan sebuah bisnis online yang menjual produk baju kaos dan jersey. Untuk mengembangkan usaha bisnis onlinenya “Juragan Kaos” memerlukan strategi bisnis yang sesuai untuk menghadapi dan memaksimalkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan usulan strategi pengembangan bisnis “Juragan Kaos”. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu dengan penggambaran bisnis online “Juragan Kaos” dengan metode Business Model Canvas (BMC), pada tahap selanjutnya dilakukan pengembangan dengan menggunakan analisis SWOT yang diawali dengan identifikasi ulang dan pengumpulan data faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) bisnis online “Juragan Kaos” berdasarkan sembilan elemen yang ada pada Business Model Canvas (BMC). Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap input menggunakan IPA matriks dan skala likert, tahap pencocokan (matriks SWOT) dan tahap keputusan yaitu penggambaran kembali bisnis online dengan Business Model Canvas (BMC). Posisi strategis atau kondisi bisnis online “Juragan Kaos” saat ini lebih terfokus pada promosi karena produksi tidak dilakukan sendiri oleh perusahaan, pelayanan pelanggan dan pengiriman produk. Dari sisi produk, desain produk yang dimiliki “Juragan Kaos” masih sangat terbatas sehingga segmen pelanggan juga terbatas. Strategi bisnis yang sesuai dan disarankan untuk “Juragan Kaos” adalah peningkatan kualitas hubungan dengan mitra, kerja sama dengan e-commerce yang menerapkan sistem bebas biaya pengiriman, penambahan jenis desain produk dan custom design, pembuatan souvenir yang bertemakan “Juragan kaos”, penambahan segmen pelanggan, pendirian warehouse milik sendiri, pengaktifan web kembali dan pelaksanaan iklan/endorse. Kata kunci : Business Model Canvas, Online, Strategi Pengembangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 03:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18830 |
Actions (login required)
View Item |