PENGARUH PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN SKILL LAB MAHASISWA TAHAP SARJANA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Febri, Yanda Dewimar Putri (2022) PENGARUH PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN SKILL LAB MAHASISWA TAHAP SARJANA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) dan telah tersebar ke seluruh negara termasuk di Indonesia dan berdampak cukup besar pada bidang pendidikan sehingga proses pembelajaran dilakukan secara online. Pembelajaran yang dilakukan secara online harus tetap memperhatikan mutu pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan: mengetahui pengaruh persepsi mutu pembelajaran online terhadap evaluasi pembelajaran skill lab mahasiswa tahap sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas pada masa adaptasi kebiasaan baru. Metode penelitian: Penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study. Sebanyak 84 responden dipilih dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian: Sebanyak 43 orang (51,2%) menyatakan mutu pembelajaran dikategorikan baik dan sebagian besar mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas memperoleh nilai yang cemerlang sebanyak 66 orang (78,6%). Hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai p=0,518 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna antara mutu pembelajaran online dengan evaluasi pembelajaran skill lab. Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh antara persepsi mutu pembelajaran online terhadap evaluasi pembelajaran skill lab mahasiswa tahap sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Uncontrolled Keywords: mutu pembelajaran, pembelajaran online, evaluasi pembelajaran, skill lab, covid-19
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:30
Last Modified: 12 Oct 2022 09:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114527

Actions (login required)

View Item View Item