Hubungan Penyesuaian Diri dengan Tingkat Kecemasan dalam Perubahan Sistem Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Suci, Dewi Damayanti (2022) Hubungan Penyesuaian Diri dengan Tingkat Kecemasan dalam Perubahan Sistem Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
unand 1 uci.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
unand 2 uci.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
unand 3 uci.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
unand 4 uci.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh (Skripsi full text))
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia menyebabkan adanya kebijakan physical distancing yang berdampak pada bidang pendidikan, mengharuskan mahasiswa belajar secara daring. Saat ini angka COVID-19 sudah menurun maka sistem pembelajaran kembali menjadi luring yang menyebabkan masalah pada kesehatan mental mahasiswa, salah satunya terjadinya kecemasan. Untuk menanggulangi kecemasan yang terjadi akibat adanya perubahan sistem pembelajaran yang dialami mahasiswa maka mahasiswa perlu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan saat adanya perubahan sistem pembelajaran dari daring ke luring pada mahasiswa program sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan jumlah sampel 132 responden yang dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan dianalisis menggunakan uji univariat dan bivariat. Instrumen tingkat kecemasan dan penyesuaian diri dimodifikasi dari kuesioner baku. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa mengalami tingkat kecemasan sedang yang memiliki penyesuaian baik dan buruk yang sebanding. Terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan tingkat kecemasan dalam perubahan sistem pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (p = 0,003). Disarankan kepada pihak institusi untuk memperhatikan layanan konseling dan fungsi pembimbing akademik bagi mahasiswa agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan baik dalam perubahan sistem pembelajaran yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:05
Last Modified: 29 Aug 2022 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110665

Actions (login required)

View Item View Item