CLICKBAIT PADA PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS SELAMA BULAN MARET 2020

Isa, Hai Salam (2022) CLICKBAIT PADA PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS SELAMA BULAN MARET 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Judul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK CLICKBAIT PADA PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS SELAMA BULAN MARET 2020 Oleh Isa Hai Salam 1610861009 Pembimbing Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, M.I. Kom Clickbait adalah sebuah cara untuk memancing pembaca mengunjungi situs berita online, yaitu dengan menggunakan judul yang menarik/menggoda. Menggunakan judul yang clickbait membuat rasa penasaran/keingintahuan masyarakat terhadap berita tersebut meningkat, sehingga membawa pembaca untuk mengklik judul berita. Penggunaan clickbait pada berita berfungsi untuk menaikan viewers pada berita, dengan naiknya angka viewers maka akan banyak pengiklan yang akan datang untuk mengiklankan produk dan jasa mereka, dengan banyaknya iklan yang masuk maka menjadi keuntungan bagi perusahaan media online tersebut. Peneliti ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis clickbait yang digunakan dan menganalisis kesesuaian isi dengan judul berita di tribunnews terhadap pemberitaan Covid-19. Jenis-jenis clickbait dibedah menggunakan hasil penelitian Biyani P, Tsioutsiouliklis K, dan Blackmer J yang menyatakan ada 8 jenis clickbait yaitu exagerration, teasing, inflammatory, formatting, graphic, bait-and-switch, ambigous, dan wrong. Sedangkan kesesuaian isi dengan judul berita dibedah menggunakan teori analisis framing oleh Zhondang Pan and Gerald M Kosicki menggunakan empat struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan paradigma penelitian konstruktivis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dan dokumentasi berita di media online tribunnews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan clickbait pada berita memang banyak ditemukan di media online Indonesia terutama tribunnews. Jenis-jenis clickbait yang banyak digunakan oleh pihak tribunnews adalah jenis clickbait ambigu dan hiperbola. Hasil penelitian lain juga menunjukkan tribunnews melakukan clickbait pada pemberitaan mulai pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB, karena pada waktu tersebut merupakan waktu yang sangat efektif bagi pembaca untuk mengakses berita. Kata Kunci : Clickbait, Tribunnews, Covid-19, Media Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elva Ronaning Roem,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Clickbait, Tribunnews, Covid-19, Media Online
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 14 May 2022 06:57
Last Modified: 14 May 2022 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103487

Actions (login required)

View Item View Item