DEVITA, SARI PUSPITA (2016) PENYELESAIAN LAPORAN MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI RSUP M.DJAMIL PADANG OLEH OMBUDSMAN SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK DSP 2.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (pendahuluan)
2pdf.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3pdf.pdf - Published Version Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4pdf.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
5full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, dan merupakan hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Negara mempunyai kewajiban dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta Peraturan Perundang-Undangan yang mendukung yaitu Undang-Undang Nomor 25 tentang Pelayanan Publik, Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, dan Undang-Undang 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. Dalam penyelenggraannya, pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari pelayanan publik tidak berjalan mulus. Terdapat keluhan-keluhan yang dirasakan oleh masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sebagai instansi penyelenggara. Indonesia mempunyai suatu lembaga yang bertugas untuk mengawasi dan menyelesaikan laporan masyarakat yang bernama ombudsman yang berkedudukan di ibukota Negara, namun memupunyai perwakilan di ibukota provinsi. Ombudsman sumatera barat menerim laporan yang berasal dari masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil padang. Adapun permasalahan yanf akan dikemukakan pada skripsi ini yaitu : 1. Bagaimanakah penyelesaian laporan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil Padang oleh Ombudsman Sumatera Barat. 2. Apa kendala yang dihadapi ombudmsan sumatera barat dalam menyelesaikan laporan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil Padang. Penulis menggunakan jenis penulisan yuridis sosilogis. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ombudsman sumatera barat dalam menyelesaikan laporan dari masyarakat sudah sesuai dengan peraturan ombudsman dan kendala yang dihadapi dalam penyelesaian laporan tersebut datang dari pihak internal maupun eskternal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | s1 ilmu hukum |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 04:38 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 04:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9963 |
Actions (login required)
View Item |