STUDI SYSTEMATIC REVIEW : HUBUNGAN SANITASI DAN HIGIENE PADA PENYELENGGARAAN MAKANAN TERHADAP KONTAMINASI BAKTERI DAN KEJADIAN PENYAKIT DI PESANTREN DI INDONESIA

ADILA, HADY (2021) STUDI SYSTEMATIC REVIEW : HUBUNGAN SANITASI DAN HIGIENE PADA PENYELENGGARAAN MAKANAN TERHADAP KONTAMINASI BAKTERI DAN KEJADIAN PENYAKIT DI PESANTREN DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
PDF FULL SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Penyelenggaraan makanan sangat penting bagi kualitas kemanana makanan dari kontaminasi bakteri pada makanan yang menjadi salah satu penunjang kesehatan para santri di pesantren, sanitasi dan higiene juga memeiliki peran penting dalam menjaga kualitas sistem penyelenggaraan makanan institusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aspek sanitasi dan higiene dengan kotaminasi bakteri pada makanan dan kejadian penyakit pada santri di pesantren. Metode Penelitian ini menggunakan metode systematyic review dengan critical appraisal dan meta-analisis dengan menelaah artikel penelitian sebelumnya yang telah terpublikasi pada google scholar. Dilakukan pembatasan pencarian artikel dari tahun 2010 hingga tahun 2020. Artikel penelitian yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi akan di analisis denagn telaah kritis dan secara statistik menggunakan aplikasi RevMan 5.4. Hasil Dari 544 artikel pencarian menggunakan database google scholar, terdapat 5 artikel penelitian yang memakai metode telaah kritis dan 6 artikel penelitian memakai metode metaanalisis. Tidak terdapat hubungan signifikan antara mencuci tangan sebelum makaan dan PHBS dengan kejadian penyakit, tetapi terdapat hubungan yang signifikan antara sanitasi dan higiene dengan kontaminasi bakteri dan kebiasaan tukar menukar alat makan beresiko 0,11 kali (95% Cl 0,02-0,52) terjadinya penyakit pada santri Kesimpulan Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian penyakit yang ada di pesantren. Tetapi terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasan menukar alat makan dengan kejadian penyakit yang ada di pesantren. Daftar Pustaka : 47 (1998 - 2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, SP, MSi
Uncontrolled Keywords: penyelenggaraan makanan, sanitasi dan higiene, kontaminasi bakteri, kejadian penyakit
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:50
Last Modified: 04 Feb 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98588

Actions (login required)

View Item View Item