PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS TUTORIAL PROBLEM BASED-LEARNING DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2018-2019 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Univesitas Andalas

Rajib, Alfikri (2022) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS TUTORIAL PROBLEM BASED-LEARNING DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2018-2019 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Univesitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kasus COVID-19 yang tidak terkendali membuat perubahan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggunakan problem based learning (PBL) sebagai kurikulum pendidikan yang mendapatkan pemahaman pembelajaran yang lebih mendalam terhadap masalah yang dijadikan acuan. Tutorial merupakan jantung dari pembelajaran PBL. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode penilitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 237 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan Tutorial Effectiveness Instrument yang telah divalidasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (89,4%) mahasiswa memberikan pernyataan bahwa diskusi tutorial daring adalah efektif. Bila dilihat dari ketiga aspek yang dijadikan dasar penilaian, yaitu kognitif, motivasi, dan demotivasi mahasiswa menilai aspek-aspek tersebut memberikan efektivitas tutorial PBL sebesar 87,3%,88,6%, dan 73,8%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan diskusi tutorial daring mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama masa pandemi COVID-19 sudah berjalan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD, Sp.DLP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: diskusi tutorial, pembelajaran daring, problem based learning
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:33
Last Modified: 28 Jan 2022 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98181

Actions (login required)

View Item View Item