Intan, Delia Puspita Sari (2021) Hubungan Tingkat Stres dengan Strategi Koping pada Mahasiswa S1 Fakultas Keperawatan UNAND Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 7 Penutup)
3. BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full text)
5. Intan Delia Puspita Sari_SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Adanya Pandemi COVID-19 saat ini mengubah proses pembelajaran yang semula tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa. Adanya hambatan dan perubahan kondisi pembelajaran daring berdampak pada psikologis mahasiswa, seperti stres. Untuk mengurangi atau menghindari dampak dari kondisi stres yang tidak diinginkan, maka diperlukan strategi koping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan strategi koping pada mahasiswa S1 Fakultas Keperawatan UNAND selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 121 responden yang dipilih menggunakan teknik Stratified Random Sampling dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Instrumen yang digunakan Perceived Stres Scale (PSS-14) dan Adolescent Coping Orientation for Problem Experiences (ACOPE). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa mengalami tingkat stres sedang (62,8%) dan sebagian besar mahasiswa memiliki strategi koping buruk (52,1%). Adanya hubungan antara tingkat stres dengan strategi koping pada mahasiswa S1 Fakultas Keperawatanan UNAND selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 (p = 0,006). Penelitian ini menyarankan kepada pihak institusi untuk membantu program dalam upaya mengurangi kejadian stres yang lebih lanjut dan keburukan strategi koping yang berkelanjutan pada mahasiswa sehingga institusi bisa menyediakan layanan konseling dan fungsi pembimbing akademik (PA) bagi mahasiswa agar nantinya pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Nelwati, S.Kp, MN, PhD |
Uncontrolled Keywords: | Strategi koping, tingkat stres, pembelajaran daring |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 06:46 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 06:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78568 |
Actions (login required)
View Item |