PENGARUH MOTIVASI TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19

Raissa, Salsabila Nadhifah Rosady (2021) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Raissa Salsabila N R_1710323007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 memberikan dampak kepada kehidupan manusia, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing. Pembelajaran jarak jauh yang diberlakukan di masa pandemi COVID-19 ini memberikan dampak kepada motivasi dan student engagement dari siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap student engagement siswa SMP dalam pembelajaran jarak jauh di masa COVID-19. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 355 siswa SMP Jakarta Selatan yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan modifikasi alat ukur Motivated Strategies and Learning Questionnaire (MSLQ) dari Pintrich dkk (1991) dan alat ukur student engagement yang dikonstruksi penulis berdasarkan aspek student engagement Fredrick dkk (2004). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap student engagement pada siswa SMP dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa COVID-19. Motivasi mempengaruhi student engagement sebesar 67,6%, sedangkan 32,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Student Engagement, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:20
Last Modified: 25 Jun 2021 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76725

Actions (login required)

View Item View Item