Pengembangan Produk Minuman Cokelat Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus: Chocolate Changer)

Muthia, Sukma (2021) Pengembangan Produk Minuman Cokelat Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus: Chocolate Changer). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu industri yang mampu menopang perindustrian di Indonesia adalah industri makanan dan minuman. Pada saat ini, sudah banyak perusahaan yang terjun ke dalam bisnis makanan dan minuman kekinian dengan menawarkan produk yang bervariasi untuk dapat menarik konsumen pada segmen pasarnya. Salah satu bisnis makanan dan minuman kekinian saat ini adalah minuman cokelat. Chocolate Changer adalah salah satu bisnis minuman cokelat yang sudah berdiri di Kota Padang sejak tahun 2014. Gerai Chocolate Changer saat ini sudah terdapat di beberapa kota seperti Bukittinggi, Pekanbaru dan Bandung. Produk yang ditawarkan oleh Chocolate Changer hanya satu varian rasa cokelat dengan beberapa pilihan topping. Pada era globalisasi saat ini, permintaan dan keinginan konsumen berubah secara dinamis dengan perkembangan teknologi sehingga membuat pasar bisnis harus bisa menawarkan produk yang sesuai kepada konsumennya. Pesaing bisnis Chocolate Changer sudah banyak beredar di kalangan masyarakat yang mampu memberikan pilihan variasi menu dari produk yang ditawarkan kepada konsumen sehingga itu dapat menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, bisnis Chocolate Changer harus mampu mengembangkan produk minuman cokelat yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumennya. Pengembangan produk minuman cokelat pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode conjoint analysis untuk melihat preferensi konsumen terhadap atribut minuman cokelat yang dianggap penting dan metode DEMATEL untuk mendapatkan modul yang sesuai suapaya dapat menghasilkan produk yang bervariasi. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data, diketahui bahwa terdapat lima atribut yang dianggap penting oleh konsumen dalam pengembangan produk minuman cokelat yaitu, atribut rasa, atribut topping, atribut keadaan penyajian, atribut ukuran cup dan atribut kesehatan. Masing-masing atirbut juga memiliki level yang telah dipilih oleh konsumen dan dianggap penting. Dari atribut dan level yang telah didapat maka terbentuk 25 kombinasi produk minuman cokelat. Preferensi konsumen terhadap kombinasi produk minuman cokelat yang berada pada peringkat pertama adalah minuman cokelat dengan rasa original chocolate, ukuran cup medium, ditambahkan topping ice cream, keadaan penyajian normal ice dan terdapat kandungan kesehatan rendah kalori. Untuk mempermudah pengembangan produk minuman cokelat yang bervariasi, terdapat empat modul yang didapatkan dari hubungan antar atribut menggunakan metode DEMATEL. Akan tetapi, penelitian selanjutnya dapat memperluas dan menggali lagi terkait atribut yang digunakan dalam pengembangan produk minuman cokelat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Nilda Tri Putri, Ph.D, IPM
Uncontrolled Keywords: atribut, industri makanan dan minuman, conjoint analysis, DEMATEL, modul
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 10 May 2021 03:41
Last Modified: 10 May 2021 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74993

Actions (login required)

View Item View Item