PROFIL DAN GAMBARAN CEDERA KORBAN MENINGGAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI BAGIAN FORENSIK RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018-2019

Anggi, Rahmi Rusadi (2021) PROFIL DAN GAMBARAN CEDERA KORBAN MENINGGAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI BAGIAN FORENSIK RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI full teks Anggi R.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kematian dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius di seluruh dunia dan cenderung menunjukkan bahwa hal ini akan terus terjadi di masa mendatang. Kecelakaan kendaraan bermotor adalah penyebab utama kematian pada remaja dan dewasa muda di seluruh dunia. Penyebab cedera pada kecelakaan lalu lintas sebagian besar terjadi pada pengendara sepeda motor. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif retrospektif dengan menggunakan teknik total sampling dalam pengambilan sampel. Data korban diambil dari data sekunder berupa visum et repertum korban yang tercatat di Bagian Forensik RSUP Dr. M. Djamil Padang periode tahun 2018 – 2019. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 74 orang korban meninggal akibat kecelakaan pada pengendara sepeda motor yang dilakukan pemeriksaan luar. Berdasarkan jenis kelamin dan usia, banyak didapatkan pada laki-laki (89,2%) dan pada kelompok usia 22 – 40 tahun (28,4%). Berdasarkan lokasi cedera, paling banyak ditemukan cedera di bagian kepala (31%), sedangkan jenis cedera terbanyak yang ditemukan yaitu luka lecet (62%). Lokasi kematian korban paling banyak didapatkan di ruang lingkup rumah sakit dengan lama waktu rawatan terbanyak yaitu 0 – 3 hari, sedangkan jenis penerimaan korban terbanyak berupa rujukan dari fasilitas kesehatan lain. Saran dari penelitian ini adalah perlunya dilakukan sosialisasi terhadap bahaya kematian pada pengendara sepeda motor yang dilanjutkan dengan upaya pencegahan berupa penyuluhan pada masyarakat terkhusus usia muda tentang kesadaran dan perilaku berlalu lintas. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan terhadap variabel yang belum diteliti seperti mekanisme tabrakan, tatalaksana awal pada korban, hasil pemeriksaan penunjang pada korban yang dirawat sebelum meninggal dan hubungan antar variabel yang dapat menyebabkan kematian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M(K)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, korban meninggal, pengendara sepeda motor
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:30
Last Modified: 23 Apr 2021 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74527

Actions (login required)

View Item View Item