Efektivitas E-Mail Corporate PT. Semen Padang dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan Selama Masa work From Home

Oksa, Dwi Narwantika (2021) Efektivitas E-Mail Corporate PT. Semen Padang dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan Selama Masa work From Home. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Draft Skripsi Oksa Dwi Narwantika - 1610863005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Komunikasi internal perusahaan merupakan komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan maupun atasan dengan atasan. Komunikasi internal merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh seluruh perusahaan. Komunikasi internal tentunya berjalan dengan bantuan media sebagai alat perantara untuk menyampaikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media internal PT. Semen Padang (e-mail corporate) dan pemenuhan kebutuhan informasi karyawan selama masa work from home. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 98 orang responden yang merupakan karyawan PT. Semen Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling. Teori kekayaan media (media richness theory) digunakan sebagai acuan pengukuran variabel efektivitas media internal dan konsep motif kebutuhan digunakan sebagai acuan untuk mengukur variabel pemenuhan kebutuhan informasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan penghitungan statistik deskriptif menggunakan rumus penghitungan skor rata-rata untuk melihat seberapa besar tingkat efektivitas media internal PT. Semen Padang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan selama masa work from home. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas media internal PT. Semen Padang berada dalam kategori efektif karena seluruh sub variabel yang digunakan dalam pengukuran sudah masuk dalam kategori efektif dengan total nilai keseluruhan sebesar 5.020 dan skor rata-rata berada di angka 3,20. Besar skor rata-rata yang diperoleh tersebut masuk dalam kategori efektif. Kemudian untuk variabel pemenuhan kebutuhan informasi karyawan diukur dengan menggunakan sub variabel yang ada pada motif kebutuhan yaitu informasi, identitas pribadi, serta integritas dan interaksi sosial. Hasil yang diperoleh dari pengukuran yang dilakukan, variabel pemenuhan kebutuhan informasi berada dalam kategori terpenuhi dengan jumlah nilai sebesar 3.203 dan skor rata-rata berada di angka 2,97.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Internal, Kebutuhan Informasi, E-Mail Corporate dan Work From Home
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:12
Last Modified: 11 Feb 2021 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71130

Actions (login required)

View Item View Item