KONFLIK YANG TERJADI AKIBAT TRADISI UANG ILANG DALAM NASKAH DRAMA “UANG HILANG” KARYA RAFENDI SANJAYA (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Intan, Purbasari (2021) KONFLIK YANG TERJADI AKIBAT TRADISI UANG ILANG DALAM NASKAH DRAMA “UANG HILANG” KARYA RAFENDI SANJAYA (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Intan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV Intan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Intan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI INTAN PURBASARI-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Purbasari. 2021. “Konflik Yang Terjadi Akibat Tradisi Uang Ilang Dalam Naskah Drama “Uang Hilang” Karya Rafendi Sanjaya Tinjauan Sosiologi Sastra” SKRIPSI. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Padang. Pembimbing I Dr. Syafril, M.Si. dan Pembimbing II Dra. Zurmailis, M. A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap naskah “Uang Hilang” karya Rafendi Sanjaya yang mengangkat persoalan tradisi pernikahan di salah satu daerah di Minangkabau. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah konflik yang timbul akibat tradisi pernikahan di tengah-tengah masyarakat yang diungkap dalam naskah drama “Uang Hilang” karya Rafendi Sanjaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konflik yang terjadi dan juga faktor penyebab konflik tersebut terjadi dalam masyarakat dalam naskah “Uang Hilang” karya Rafendi Sanjaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, yakni sosiologi karya. Landasan teori yang dipakai dalam penganalisisan ini adalah teori Swingewood tentang karya sastra smerupakan cerminan zaman. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data tertulis dari teks yang mengacu pada masalah sosial. Teknik yang digunakan adalah pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ditemukan beberapa konflik secara umum berupa konflik pribadi, sosial, dan konflik politik. Konflik pribadi yang dimaksud yaitu konlik yang dialami tokoh Ajo manih terhadap dirinya sendiri dengan adik perempuannya. Konflik sosial dalam naskah drama yaitu beberapa tokoh yang terlibat dalam permaslahan yang sama dan menimbulkan beberapa tindakan yang merugikan. Sementara konflik politik dalam naskah ini seseorang yang menggunakan jabatannya sebagai penguasa mencoba menutup kebenaran hanya karna uang dan jabatan. Penyebab konflik terjadi didalam naskah ini adalah tradisi uang hilang yang sudah ada sejak dulu dan masih dipertahankan hingga saat ini. Sementara dampak tradisi uang hilang dalam naskah ini adalah banyak masyarakat yang terbebani dengan uang yang begitu banyak diminta sebagi uang hilang dan menimbulkan banyak konflik didalamnya. Kata Kunci: Naskah Drama, Rafendi Sanjaya, Konflik yang terjadi akibat tradisi uang hilang, Sosiologi Sastra

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril, M.Si
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:31
Last Modified: 05 Feb 2021 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69940

Actions (login required)

View Item View Item