Analisis Tingkat Risiko Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Gojek Di Kawasan Padang Barat

Reza, Parawinata (2020) Analisis Tingkat Risiko Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Gojek Di Kawasan Padang Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Melakukan pekerjaan diluar ruangan dan dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tingkat risiko kelelahan kerja. PT. Gojek Indonesia memiliki mitra pengemudi ojek online sekitar 6000 sampai 10000 pengemudi yang memiliki potensi kelelahan kerja cukup tinggi, termasuk pengemudi di Kota Padang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat risiko kelelahan kerja pada pengemudi Gojek di kawasan Padang Barat, Kota Padang. Metode Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung pada April-Agustus 2020. Teknik penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang informan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis Tingkat risiko kelelahan didapatkan dengan perhitungan consequences dan likelihood hingga didapat nilai level of risk. Hasil Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan identifikasi bahaya maka bahaya dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu bahaya perilaku, bahaya pengorganisasian pekerjaan, dan bahaya diluar pekerjaan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa setiap pengemudi mengalami kelelahan dengan tanda dan gejala seperti pusing, mata berkunang-kunang, badan panas dingin, dan pegal-pegal. Analisis tingkat kelelahan menunjukkan bahwa pengemudi Gojek di kawasan Padang Barat mengalami tingkat risiko kelelahan sangat tinggi dan tingkat risiko kelelahan tinggi. Kesimpulan Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengemudi mitra mengalami tingkat risiko kelelahan sangat tinggi dan tingkat risiko kelelahan tinggi. Perusahaan bersama pemerintah perlu melakukan risk assessment dan sosialisasi mengenai kelelahan kerja. Disarankan kepada pengemudi untuk menyediakan waktu istirahat yang cukup, melakukan peregangan saat istirahat dan tidak memaksakan diri ketika mengalami kelelahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari, SKM., M.Sc
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Jan 2021 07:25
Last Modified: 11 Jan 2021 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67508

Actions (login required)

View Item View Item