HUBUNGAN HOME LITERACY ENVIRONMENT DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH

Siti, Zahrah Khaerani (2020) HUBUNGAN HOME LITERACY ENVIRONMENT DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V-converted.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text -converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa yang terjadi pada masa prasekolah merupkan tiang untuk perkembangan anak selanjutnya. Saat masa prasekolah anak akan dihadapkan berbagai kebutuhan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Perkembangan bahasa anak terkait dengan berbagai macam faktor, salah satunya home literacy environment. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara home literacy environment dengan perkembangan bahasa anak prasekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa desain korelasi dengan jumlah sampel sebanyak 90 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Home Literacy Environment Questionnaire dan Denver Developmental Screening Test II. Masing masing alat ukur memiliki reliabilitas sebesar 0,868 pada skala HLEQ dan reliabilitas sebesar 0,88 untuk DDST II. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,732 yang berada dalam kategori kuat dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara home literacy environment dengan perkembangan bahasa anak prasekolah. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas home literacy environment maka akan semakin baik perkembangan bahasa anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mafaza, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: home literacy environment, language development, preschooler
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:23
Last Modified: 24 Nov 2020 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65317

Actions (login required)

View Item View Item