PERILAKU PEREMPUAN YANG MENYIMPANG DALAM NASKAH DRAMA PEREMPUAN SALAH LANGKAH KARYA WISRAN HADI: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

ULFAH, SYARIF (2020) PERILAKU PEREMPUAN YANG MENYIMPANG DALAM NASKAH DRAMA PEREMPUAN SALAH LANGKAH KARYA WISRAN HADI: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. Diploma thesis, UNUVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4 PENUTUP)
BAB 4 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Ulfah Syarif. 1610722036. “Perilaku Perempuan Yang Menyimpang Dalam Naskah Perempuan Salah Langkah Karya Wisran Hadi Tinjauan Sosiologi Sastra”. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas, 2020. Pembimbing 1. Dr. Syafril, M.Si. dan Pembimbing 2. Ronidin, S.S., M.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya karya sastra yang menggambarkan tentang penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh oknum perempuan di Minangkabau. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perilaku perempuan yang menyimpang dalam naskah drama Perempuan Salah Langkah karya Wisran Hadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra, yaitu pemahaman terhadap karya sastra dengan mempertimbangkan aspek-aspek kemasyarakatannya. Metode kualitatif digunakan dalam melakukan proses penyediaan data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber dan data yang didapat dari naskah drama Perempuan Salah Langkah karya Wisran Hadi.Setelah itu dilakukan pengamatan terhadap data yang telah didapat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan beberapa bentuk perilaku perempuan yang menyimpang dalam naskah drama Perempuan Salah Langkah karya Wisran Hadi sebagai berikut: (1) Tidak memenuhi kewajiban sebagai seorang istri, (2) Bersikap kasar kepada suami, (3) Meninggalkan suaminya sendiri, (4) Berbuat syirik, (5) Membuang rahim. Kata Kunci: Perempuan Salah langkah, Wisran Hadi, Perilaku Perempuan yang Menyimpang, Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:06
Last Modified: 10 Sep 2020 06:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61384

Actions (login required)

View Item View Item