HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL WALI ASRAMA DENGAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN SUBULUSSALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Fitri, Angraini (2020) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL WALI ASRAMA DENGAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN SUBULUSSALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial wali asrama dengan penyesuaian diri santri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Interpersonal Support Evaluation (ISEL) yang dikembangkan oleh Cohen dan Hoberman (1983) dan Skala penyesuaian diri dari Riza (2017) yang merujuk pada Strage dan Swanson (1999). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 168 santri Pondok Pesantren Modern Subulussalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial wali asrama memiliki korelasi yang positif dengan penyesuaian diri santri. Nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh sebesar 0,338 tergolong lemah. Artinya semakin tinggi dukungan sosial dari wali asrama maka semakin tinggi penyesuaian diri santri. Pada penelitian ini terdapat perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari jenis kelamin. Laki-laki lebih mampu menyesuaikan diri dibandingkan perempuan. Selain itu juga ditemukan perbedaan dukungan sosial yang diperoleh santri ditinjau dari tingkatan kelas di satuan pendidikan. Santri kelas VIII mendapatkan dukungan sosial lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Amalia., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial wali asrama, Penyesuaian diri santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:03
Last Modified: 09 Sep 2020 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61005

Actions (login required)

View Item View Item