Strategi Pengembangan IKM Roti Ohayo dengan Pendekatan Business Model Canvas

Chandra, Ankatama Sandri (2020) Strategi Pengembangan IKM Roti Ohayo dengan Pendekatan Business Model Canvas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Industri roti merupakan bagian dari industri makanan yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan baku utamanya. Roti memiliki kandungan gizi yang baik sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Saat ini roti adalah salah satu kebutuhan makanan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meskipun roti bukan merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, namun roti memiliki potensi yang besar dalam bisnis sehingga banyak perusahaan yang memproduksi roti di Indonesia. Kota Padang telah memiliki 63 IKM roti lokal dengan berbagai macam merek, salah satunya adalah Roti Ohayo. Dalam menjalankan proses bisnisnya, Roti Ohayo memiliki beberapa permasalahan yang sering muncul diantaranya laju inflasi yang meningkat, terdapatnya pesaing produsen roti substitusi dan ketatnya persaingan dengan produsen roti sejenis. Roti Ohayo harus menentukan suatu perencanaan strategi untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi, sehingga dapat menjadi suatu keunggulan bagi perusahaan untuk bersaing dalam lingkungan yang semakin kompetitif. Penelitian ini mengkaji bagaimana merencanakan strategi bisnis yang tepat agar IKM Roti Ohayo dapat memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan posisi strategis IKM Roti Ohayo saat ini, menentukan strategi dalam pengembangan IKM Roti Ohayo dan merekomendasikan model bisnis baru pada IKM Roti Ohayo. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini yang dikombinasikan dengan analisis SWOT. Selanjutnya tahap perumusan strategi yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap input (matriks EFE dan IFE), tahap pencocokan (matriks SWOT dan IE) dan tahap keputusan (QSPM). Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat bagi Roti Ohayo, strategi tersebut digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan matriks IE, posisi Roti Ohayo berada pada sel II. Posisi ini menunjukan bahwa Roti Ohayo berada dalam keadaan tumbuh dan membangun. Berdasarkan matriks SWOT, strategi yang dapat dilakukan berupa strategi integrasi, strategi intensif dan strategi diversifikasi. Namun setelah dilakukan perhitungan QSPM, strategi utama yang dapat dilakukan Roti Ohayo adalah strategi intensif dengan skor total daya tarik sebesar 6,504. Strategi intensif ini digambarkan ke dalam model bisnis usulan pada Business Model Canvas. Kata kunci: Business Model Canvas, Matriks IE, Roti Ohayo, Strategi, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 23 Jan 2020 15:22
Last Modified: 23 Jan 2020 15:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56051

Actions (login required)

View Item View Item