Teguh, Dwi Apriliano (2019) Penggunaan Aplikasi Ruangguru pada Proses Komunikasi Antara Guru dan Murid di Dunia Maya. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover & Abstrak)
1.COVER & ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
2.BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V Penutup)
3.BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (312kB) | Preview |
|
Text (Full Skripsi)
5.FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Ruangguru adalah sebuah aplikasi yang bergerak pada bidang pendidikan, mereka lebih terfokus pada kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan secara online atau lebih banyak menggunakan aplikasi sebagai media. Aplikasi digunakan untuk memesan guru privat hingga bisa melakukan bimbingan belajar langsung melalui aplikasi. Ruangguru hadir untuk membantah bahwa belajar harus secara tatap muka, ruangguru lebih mengedepankan belajar bisa dimanapun dan kapanpun. Komunikasi melalui perantara media dijadikan senjata utama oleh ruangguru dalam fitur-fiturnya. Salah satunya, fitur ruang les online, dimana pengguna bisa memesan guru sesuai dengan tingkatan dan mata pelajaran yang mereka inginkan melalui aplikasi dan langsung berinteraksi melalui aplikasi ruangguru tersebut, ruang les online kebanyakan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi antara guru dan murid yang terjadi pada aplikasi ruangguru dengan menggunakan teori Social Information Processing (SIP) oleh Joseph Walter. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai lima orang narasumber (dua orang guru dan tiga orang murid) yang menggunakan aplikasi ruangguru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi ruangguru baik guru dan murid melakukan semua proses komunikasi melalui aplikasi ruangguru. Murid harus mengisi koin atau saldo agar bisa memesan guru, sehingga bisa melaksanakan kegiatan bimbingan belajar melalui aplikasi. Beberapa hambatan juga terjadi, seperti sinyal yang buruk, typo, penjelasan yang diberikan kurang mudah dipahami. Kemudahan juga ditawari kepada pengguna seperti bisa melakukan bimbingan belajar kapanpun dan dimanapun. Kata kunci : Ruangguru, Komunikasi, Bimbingan belajar, Ruang Les Online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 11:30 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 11:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55962 |
Actions (login required)
View Item |