PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM MANAJEMEN DIARE DI DESA LAMAN PANJANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA BUAT KABUPATEN BUNGO JAMBI 2019

Asmaridah, Asmaridah (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM MANAJEMEN DIARE DI DESA LAMAN PANJANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA BUAT KABUPATEN BUNGO JAMBI 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI full taxt)
SKRIPSI full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Diare merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan kematian pada bayi dan anak balita. Tingginya angka diare pada balita dikarenakan kurangnya antisipasi dalam penatalaksanaan diare, pendidikan yang rendah dan ketidaktahuan ibu merawat diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu dalam manajemen diare pada balita di Desa Laman Panjang Wilayah Kerja Puskesmas Muara Buat Tahun 2019. Penelitian ini dilakukan pada 07 Desember 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperiment design dengan rancangan two group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita berjumlah 50 orang yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pengolahan data dengan menggunakan komputerisasi dengan uji T test Independen. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pengetahuan ibu dalam manajemen diare pada balita sebelum diberikan pendidikan kesehatan (pretest) pada kelompok intervensi dan pada kelompok kontrol adalah rendah. Sedangkan rata-rata pengetahuan ibu setelah diberikan pendidikan kesehatan (posttest) pada kelompok intervensi adalah tinggi dan pada kelompk kontrol adalah sedang, hasil uji statistik T-test didapatkan nilai p value (0,000) < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu dalam manajemen diare pada balita di Desa Laman Panjang Wilayah Kerja Puskesmas Muara Buat. Diharapkan petugas kesehatan dapat meningkatkan pelayanan dalam pemberian informasi menggunakan media video dan leaflet kepada ibu yang memiliki anak balita dalam manajemen diare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S. Kep. M.Biomed
Uncontrolled Keywords: manajemen diare, balita, ibu, pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jan 2020 09:55
Last Modified: 20 Jan 2020 09:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55239

Actions (login required)

View Item View Item