Pengaruh Peer Education tentang Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMA Adabiah 1 Padang

Disha, Trinovia Afril (2020) Pengaruh Peer Education tentang Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMA Adabiah 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
3 BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Kesimpulan)
9 BAB VII.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
10 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full disha trinovia afril.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Populasi LGBT di dunia diperkirakan sebanyak 10% dari 7,5 milyar penduduk di dunia (ConQ, 2015). Remaja dengan perkembangan sekualitas termasuk pikiran, perasaan dan perilaku yang kritis dan rasa ingin tahu dapat bereksperimen dengan perilaku LGBT. Perlu adanya peningkatan pengetahuan dan sikap tentang LGBT pada remaja dengan pendidikan kesehatan. Salah satu metode pendidikan kesehatan yang dapat digunakan pada remaja adalah metode peer education. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Peer Education tentang LGBT terhadap pengetahuan dan sikap Siswa SMA Adabiah 1 Padang. Metode yang digunakan adalah pra experiment, dengan pendekatan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Adabiah 1 Padang yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Data yang didapat diolah menggunakan uji Wilcoxon. Hasil yang didapatkan rata-rata pengetahuan sebelum peer education adalah 22,45% dan setelah diberikan peer education meningkat menjadi 62,00%. Rata-rata sikap sebelum adalah 37,25 dan setelah peer education menjadi 29,00. Terdapat pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA Adabiah 1 Padang dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi tenaga kesehatan untuk melakukan pendidikan kesehatan terkait LGBT dengan metode peer education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Yonrizal Nurdin, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: LGBT, Pengetahuan , Sikap, Peer Education
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:17
Last Modified: 17 Jan 2020 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55193

Actions (login required)

View Item View Item