Hubungan Lama Penggunaan Smartphone dengan Kejadian Miopia pada Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2016

Vania, Sufi (2020) Hubungan Lama Penggunaan Smartphone dengan Kejadian Miopia pada Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan smartphone dalam waktu yang lama akan menyebabkan peningkatan aktivitas melihat dekat. Peningkatan aktivitas melihat dekat akan berpengaruh terhadap proses akomodasi mata yang dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan miopia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan smartphone dengan kejadian miopia pada mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Penelitian berlangsung dari bulan September – Desember 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Subjek penelitan adalah mahasiswa angkatan 2016 yang berjumlah 162 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner penggunaan smartphone yang terdiri dari 11 item yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square. Sebagian besar responden terdiri dari mahasiswa perempuan (71,6%) dan menggunakan smartphone lebih dari 4 jam dalam sehari (87%), tetapi lebih dari separuh responden hanya menggunakan smartphone kurang dari 20 menit untuk satu kali pemakaian (55,6%). Responden pada umumnya mengalami miopia (66,7%). Hasil analisis chi-square mendapatkan nilai p = 0,321. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lama penggunaan smartphone dengan kejadian miopia pada mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hendriati, SpM(K)
Uncontrolled Keywords: smartphone, miopia, mahasiswa kedokteran
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jan 2020 12:02
Last Modified: 17 Jan 2020 12:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55136

Actions (login required)

View Item View Item