PENGARUH VIDEOTHERAPY TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESADARAN ANTI-BULLYING DI SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 02 LUBUK BUAYA KOTA PADANG

EDISYAH, PUTRA SAMBAS (2020) PENGARUH VIDEOTHERAPY TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESADARAN ANTI-BULLYING DI SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 02 LUBUK BUAYA KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT EDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Perilaku kekerasan di sekolah yang banyak terjadi adalah bullying. Hal ini membuat pentingnya dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan intervensi terhadap pengetahuan dan kesadaran anak usia sekolah terhadap bullying di sekolah, salah satunya dapat dilakukan dengan metode videotherapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh videotherapy terhadap pengetahuan dan kesadaran anti-bullying di sekolah pada anak usia sekolah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan one group pretest dan posttest design. Populasi penelitian ini anak siswa kelas V SD dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus 2019 – Januari 2020. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah dan dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pengetahuan pretest 7,54 dan posttest 8,93. Sedangkan rata-rata kesadaran anti-bullying pretest 101,25 dan posttest 116,46. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh videotherapy terhadap pengetahuan dan kesadaran anti-bullying pada anak usia sekolah, p-value=0,000 (p<0,05). Diharapkan guru dapat menggunakan metode videotherapy untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anti-bullying siswa untuk mencegah terjadi perilaku bullying di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, S.Kep., M.Kep., SP.J.
Uncontrolled Keywords: anak usia sekolah, anti-bullying, videotherapy
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 12:08
Last Modified: 17 Jan 2020 12:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55132

Actions (login required)

View Item View Item