Aisha, Savannah (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 watermark.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (PENUTUP)
BAB 7 watermark.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi lengkap watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mahasiswa kedokteran dalam proses pembelajarannya dituntut untuk menjadi aktif dan mandiri. Pelaksanaan belajar mandiri atau Self Directed Learning diperlukan kesiapan belajar mandiri atau Self Directed Learning Readiness (SDLR). Tingkat SDLR individu dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan motivasi belajar dengan SDLR pada mahasiswa kedokteran tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 168 responden. Data penelitian berupa data primer dengan menggunakan kuesioner MSLQ dan SDLRS sebagai alat ukurnya. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Chi-Square untuk analisis bivariat dengan kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa lebih banyak mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi sebesar 54,2%. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak mahasiswa memiliki SDLR sedang sebesar 52,4%. Tidak ditemukan mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah dan tingkat SDLR rendah. Analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar dengan SDLR dengan nilai p = 0,00. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar dengan SDLR pada mahasiswa kedokteran tahun pertama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yulistini, M.Med.Ed |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, Self Directed Learning Readiness, Self Directed Learning. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 12:02 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 12:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55119 |
Actions (login required)
View Item |