HUBUNGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DENGAN STRES, ANSIETAS DAN DEPRESI MASYARAKAT DI DAERAH ZONA MERAH KECAMATAN PADANG BARAT TAHUN 2020

Weni, Zuryati (2020) HUBUNGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DENGAN STRES, ANSIETAS DAN DEPRESI MASYARAKAT DI DAERAH ZONA MERAH KECAMATAN PADANG BARAT TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover -Abstrak.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI LENGKAP WENI ZURYATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi georafis Sumatra Barat yang rawan gempa menjadi salah satu penyebab munculnya masalah psikologis seperti stres, ansietas dan depresi, hal ini terjadi jika masyarakat tidak memiliki kesiapsiagaan yang tinggi, khususnya pada masyarakat yang tinggal di daerah zona merah gempa dan tsunami. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kesiapsiagaan bencana dengan stres, ansietas dan depresi masyarakat di daerah zona merah Kecamatan Padang Barat. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelatif dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini individu berusia 18 tahun keatas, berjumlah 198 responden dipilih dengan teknik quota sampling. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus – Januari 2020. Alat ukur menggunakan kuisioner kesiapsiagaan individu dan DASS 21. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata kesiapsiagaan (74,89), stres (14,85), ansietas (15,72), dan depresi (9,69). Analisis data menggunakan uji Pearson. Hasil penelitian ini didapatkan adanya hubungan antara kesiapsiagaan bencana dengan stres (P = 0,00) (nilai r = -0,19), ansietas (P = 0,00) (nilai r = 0,37) dan depresi (P = 0,0,4) (nilai r = -0,14), artinya terdapat hubungan dengan kekuatan sangat lemah dan arah negatif. Semakin tinggi kesiapsiagaan bencana maka semakin rendah stres, ansietas dan depresi masyarakat di daerah zona merah. Diharapkan kepada Kecamatan Padang Barat untuk memberikan pelatihan atau penyuluhan serta simulasi terkait kesiapsiagaan bencana kepada individu maupun keluarga sehingga dapat mengurangi stres, ansietas dan depresi masyarakat yang tinggal di daerah zona merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Kesiapsiagaan Bencana, Stres, Ansietas, Depresi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Jan 2020 15:23
Last Modified: 15 Jan 2020 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54790

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item