Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Buah Mangga Bungus Teluk Kabung di Pasar Raya Kota Padang

Bifadhlika, Faghfirlana, Bifadhlika (2025) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Buah Mangga Bungus Teluk Kabung di Pasar Raya Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bauran pemasaran dan menganalisis persepsi konsumen terhadap Mangga Harumanis dan Kweni dari Bungus Teluk Kabung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2025 menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survey yang melibatkan 100 responden. Data dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar konsumen berada pada usia produktif, memiliki pendidikan menengah ke atas atau lebih tinggi, dan memiliki tingkat pendapatan menengah, mereka selektif dalam hal kualitas, rasa, harga, dan ketersediaan produk. Atribut utama yang memerlukan perbaikan untuk Mangga Harumanis adalah cita rasa, tekstur, warna, ukuran, tingkat kematangan, dan harga. Demikian pula, Mangga Kweni memerlukan peningkatan dalam hal cita rasa, aroma, kesegaran, dan harga. Atribut seperti ketersediaan produk, upaya promosi, strategi harga (diskon), dan tester menunjukkan dampak yang relatif lebih kecil terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, Pelaku usaha disarankan untuk meningkatkan kualitas atribut kunci agar mangga lokal dapat bersaing lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Lora Triana, S.P.,M.M; Ir. Syahyana Raesi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran; konsumen; mangga harumanis; mangga kweni; persepsi konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: S1 Agribisnis Agribisnis
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:55
Last Modified: 04 Nov 2025 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514214

Actions (login required)

View Item View Item