Zaki, Muhammad (2025) Analisis Metode Penyampaian Pesan Mitigasi Bencana pada Anak Disabilitas (Studi Kasus Edukasi Mitigasi Bencana Melalui Senam Mitigasi Bencana Gempa Kepada Siswa SLBN 1 Kota Padang). S2 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Judul & Abstrak_TESIS_Muhammad_Zaki_2320862010.pdf - Published Version Download (946kB) |
|
|
Text (Bab 1)
BAB 1 TESIS_Muhammad_Zaki_2320862010.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (Bab VI)
BAB VI_TESIS_Muhammad_Zaki_2320862010.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka_TESIS_Muhammad_Zaki_2320862010.pdf - Published Version Download (854kB) |
|
|
Text (Full Text Thesis)
Full_TESIS_Muhammad_Zaki_2320862010_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kelompok penyandang disabilitas termasuk anak tunagrahita, merupakan salah satu kelompok paling rentan saat terjadi bencana terutama gempabumi. Kerentanan ini disebabkan oleh keterbatasan intelektual dan hambatan dalam memahami informasi termasuk informasi mitigasi bencana. Salah satu inovasi pembelajaran mitigasi bencana yang berkembang di SLBN 1 Kota Padang adalah senam mitigasi bencana gempa berbasis lagu dan gerakan sebagai media komunikasi instruksional yang inklusif bagi siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan menganalisis komunikasi instruksional dan ketepatan metode penyampaian pesan edukasi mitigasi bencana melalui senam mitigasi bencana gempa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan teori Multimodal Interaction Analysis (MIA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penyampaian pesan mitigasi bencana melalui senam mitigasi berbasis lagu dan gerakan dapat meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita terhadap prosedur keselamatan gempa bumi. Pendekatan komunikasi interpersonal diterapkan dalam penciptaan gerak senam yang melibatkan kapasitas imajinasi siswa tunagrahita, serta penekan pesan gerakan didalam kelas. Senam ini memadukan berbagai moda komunikasi seperti verbal, visual, auditori, dan kinestetik yang sesuai dengan teori Multimodal Interaction Analysis (MIA). Senam ini juga memenuhi prinsip komunikasi mitigasi bencana yaitu costumer focus, komitmen pemimpin, kebijakan inklusi kesadaran situasi dan kerjasama dengan media. Metode ini juga sejalan dengan kerangka kerja Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana (SMAB) dan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), serta sejalan dengan regulasi nasional terkait edukasi kebencanaan bagi kelompok rentan. Kesesuaian juga ditemukan dengan metode 3B dari ASB, WOHM, dan Buku Saku BNPB, termasuk Pilar 3 tentang media Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). Penyampaian pesan mitigasi bencana melalui senam mitigasi dapat direkomendasikan sebagai metode komunikasi instruksional dalam bentuk metode praktik/latihan yang adaptif, menyenangkan, dan inklusif dalam pembelajaran kebencanaan.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr.Emeraldy Chatra,M.I.Kom; Dr.Sarmiati,M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | mitigasi bencana, komunikasi instruksional, senam mitigasi bencana gempa, disabilitas, anak tunagrahita |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | S2 Ilmu Komunikasi |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:18 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:18 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric