Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Puzzle terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Pasaman

Putri, Riva Suryana (2025) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Puzzle terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Pasaman. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar PUstaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skipsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka konsumsi sayur dan buah yang rendah pada anak sekolah di Indonesia berkaitan dengan kurangnya pemahaman dan kesadaran gizi. Edukasi gizi merupakan pendekatan strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi menggunakan media puzzle terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap konsumsi sayur dan buah pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment pre-test post-test with control group design. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 04 Juni – 17 Juni 2025. Sampel penelitian adalah anak sekolah dasar kelas IV dan V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariate dengan uji paired samle t-test, uji wilcoxon, uji idenpendent t-test, dan uji man-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi gizi menggunakan media puzzle secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa (p-value = 0,0001). Pada kelompok kontrol, hanya sikap yang mengalami peningkatan signifikan (p- value = 0,001), sementara pengetahuan tidak menunjukkan perbedaan (p- value = 0,610). Terdapat perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol pada aspek pengetahuan (p- value = 0,023), namun tidak pada sikap (p = 0,722).Pemberian edukasi menggunakan media puzzle cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap konsumsi sayur dan buah pada anak skolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr.Idral Purnakarya,SKM.,MKM.; Nadia Chalida Nur, SKM., MPH.
Uncontrolled Keywords: Anak Sekolah Dasar, Buah, Edukasi, Puzzle, Sayur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:36
Last Modified: 27 Aug 2025 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/506065

Actions (login required)

View Item View Item