Azati, Dinda (2025) Pengaruh Edukasi Dengan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Di SD Negeri 11 Lubuk Buaya Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (400kB) |
![]() |
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
BAB 6 Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version Download (351kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (303kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT DINDA AZATI (2111212054).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana yang mengakibatkan lebih besarnya risiko bencana. Menurut BNPB (2022), terdapat 107 juta jiwa terpapar risiko bencana yang di antaranya anak usia sekolah yang merupakan kelompok rentan. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan media yang mampu memengaruhi pengetahuan dan sikap terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa di SDN 11 Lubuk Buaya. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dan pendekatan pretest-posttest with nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 11 Lubuk Buaya dari 29 April – 15 Mei 2025. Sampel penelitian ini berjumlah 64 responden dari kelompok intervensi dan kontrol dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Berdasarkan penelitian, terdapat peningkatan signifikan skor rerata pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,001) dengan hasil perubahan kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Terdapat pengaruh pada perubahan rerata pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dan kontrol (p=0,001) dan (p=0,027). Edukasi dengan video animasi memiliki pengaruh yang lebih kuat dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan gempa bumi pada siswa dibandingkan video non animasi. Diharapkan pemanfaatan media video animasi dapat diimplementasikan oleh sekolah, BPBD, siswa dan peneliti selanjutnya dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap kesiapsiagaan gempa bumi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Kamal Kasra, S.K.M., M.QIH., Ph.D.; Melisa Yenti, S.K.M., M.K.M. |
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi; Pengetahuan; Sikap; Kesiapsiagaan; Gempa Bumi |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 09:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/503175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |