Nadhir, Farhan (2025) Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Buya Arrazy Mengenai Isu Penggalangan Dana dan Aksi Boikot Produk Israel Pada Konten Podcast Close The Door Deddy Corbuzier. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (351kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (297kB) |
![]() |
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (212kB) |
![]() |
Text (Full text)
Skripsi Farhan Nadhir_2010861025 Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media baru telah mengubah cara masyarakat mengakses dan merespons informasi. Podcast, sebagai salah satu bentuk media baru yang populer di Indonesia, kini menjadi wadah untuk membahas berbagai topik, termasuk isu keagamaan. Maka dari itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai dakwah Buya Arrazy Hasyim dalam konten podcast “Close the Door” oleh Deddy Corbuzier, khususnya pada episode yang membahas isu Palestina dan penggalangan dana. Penelitian ini menggunakan teori resepsi dari Stuart Hall dengan tiga posisi penerimaan khalayak, yaitu: dominan, negosiasi, dan oposisi. Melalui pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan metode naratif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap enam orang informan yang memiliki latar belakang aktif dalam kegiatan keagamaan dan pernah menyaksikan konten podcast tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerimaan pendapat terhadap isi dakwah Buya Arrazy. Dua informan berada dalam posisi dominan, dimana mereka sepenuhnya menyetujui pendekatan Buya yang berbasis dalil agama, analisis geopolitik, dan pemikiran kritis. Tiga informan lainnya berada pada posisi oposisi, menilai bahwa dakwah Buya terlalu rasional dan tidak membangkitkan semangat perjuangan umat terhadap isu Palestina. Sementara itu, satu informan lainnya berada dalam posisi negosiasi, mengapresiasi kedalaman pesan Buya Arrazy namun menyarankan penyampaian yang lebih ringan dan membumi. Temuan ini menunjukkan bahwa pemaknaan khalayak sangat dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, pengalaman keagamaan, serta preferensi gaya dakwah. Penelitian ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan keberagaman audiens dalam menyampaikan pesan dakwah melalui media digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Thaufan Arifudin, S.Sos., MA Diego, M.I.Kom., M.Sos |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |