Ananda, Angga Apri (2025) Pengelolaan Akun Homeless Media Instagram @infosumbar Sebagai Penyedia Konten Informasi Bagi Masyarakat. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (165kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (282kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan konten informasi serta strategi yang diterapkan oleh akun Instagram @infosumbar dalam menyampaikan konten informasi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana informasi diperoleh, dikelola, dan dipublikasikan oleh @infosumbar, serta bagaimana strategi konten mereka dianalisis melalui model The Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage). Hasil penelitian menunjukkan bahwa @infosumbar mengelola kontennya melalui dua sumber utama, yaitu dari masyarakat melalui Direct Message (DM) dan peliputan langsung oleh tim lapangan. Informasi yang diterima akan diverifikasi menggunakan pendekatan 5W+1H sebelum diolah menjadi konten visual dan dipublikasikan dalam format Feed, Reels, atau Story. Untuk konten situasional, digunakan template khusus agar dapat dipublikasikan secara cepat melalui Story. Evaluasi konten dilakukan dengan memanfaatkan fitur Instagram Insights dan respon pengikut. Strategi pengelolaan yang diterapkan selaras dengan model The Circular Model of SOME. Pada tahap Share, informasi didistribusikan melalui Story dan Feed. Pada tahap Manage, dilakukan verifikasi dan pengarsipan konten. Optimize dilakukan melalui evaluasi performa konten menggunakan data analitik, sedangkan Engage diwujudkan dalam bentuk interaksi dengan pengikut melalui DM, komentar, dan kritik. Strategi ini terbukti membantu @infosumbar dalam pengelolaan akun, meningkatkan keterlibatan audiens, serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap media lokal. Tetapi perlu adanya perhatian fokus pada verifikasi informasi konten dari publik agar tetap menjaga keakuratan konten tanpa mengorbankan kecepatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Vitania Yulia, S.Sos., M.A Novi Elian, S.P., M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |