Rudi, Purnama (2019) ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH XYZ. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK & COVER)
ABSTRAK&COVER.pdf - Published Version Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (429kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
|
Text (TESIS LENGKAP)
Tesis_Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi-strategi apa saja yang bisa diterapkan oleh STES XYZ untuk memenangkan persaingan, dan apa strategi utama yang bisa diterapkan STES XYZ dalam menghadapi persaingan perguruan tinggi di Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan riset kepustakaan, wawancara, kuesioner dan pengamatan langsung ke lapangan. Berdasarkan data-data yang telah diindentifikaasi kemudian diolah dan dianalisis melalui tiga tahapan analisis yaitu tahap pengumpulan data (analisis faktor internal dan eksternal), tahap analisis data (analisis SWOT dan Matrik IE) serta tahap pengambilan keputusan (analisis QSPM). Hasil perhitungan dan penilaian didapatkan beberapa strategi yakni strategi pengembangan pasar, strategi integrasi horisontal dan strategi integrasi ke depan. Hasil pemilihan strategi menggunakan analisis QSPM diperoleh bahwa Strategi Membangun Pasar adalah strategi terbaik yang bisa diterapkan oleh STES XYZ. Berpijak pada hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran yakni pertama, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah XYZ tetap menggunakan strategi membangun pasar serta meningkatkan strateginya agar unggul di tingkat regional dalam bidang Ekonomi Syariah tahun 2025. Kedua, melakukan seminar dan pelatihan tentang Ekonomi Syariah pada Pesantren dan Madrasah Aliayah di Sumatera Barat. Ketiga, melakukan langkah strategis dalam pemasaran. Keempat, melakukan sosialisasi tentang kehidupan Syariah kepada masyarakat Sumatera Barat. Untuk mengukur strategi agat tepat, cepat dan komprehensif dilakukan dengan metode Balanced Scorecard maka diperoleh STES XYZ tetap menggunakan strategi membangun pasar. Kata kunci - Strategi, SWOT, Matrix IE, QSPM, Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. DR. Syukri Lukman , SE, MS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 magister manajemen |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 16:48 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 16:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49923 |
Actions (login required)
View Item |