Hubungan Status Gizi, Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP di Kota Sungai Penuh Tahun 2025

Erisa, Erisa Gusvita Pera (2025) Hubungan Status Gizi, Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP di Kota Sungai Penuh Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB 6)
PENUTUP KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (SkripsiFull Text)
SKRIPSI LENGKAP ERISA GUSVITA PERA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian Prestasi belajar adalah hasil dari penilaian upaya belajar yang dapat dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf, atau kalimat. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gizi, motivasi belajar, dan dukungan keluarga dengan prestasi belajar pada siswa SMP di Kota Sungai Penuh tahun 2025. Metode Penelitian menggunakan desain cross sectional. Data dikumpulkan melalui pengukuran antropometri dan pengisian kuesioner motivasi belajar serta dukungan keluarga. Sampel sebanyak 97 siswa kelas VIII dipilih secara probability sampling dari populasi 208 siswa di SMPN 1 dan SMPN 6 Sungai Penuh. Hasil Hasil menunjukkan 59,8% siswa berprestasi, 74,2% gizi normal, 55,7% memiliki motivasi tinggi, dan 55,7% mendapat dukungan keluarga. Analisis chi-square menunjukkan tidak ada hubungan antara status gizi dan prestasi belajar (p=0,246), namun terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar (p=0,001) dan dukungan keluarga (p=0,030) dengan prestasi belajar. Kesimpulan Prestasi belajar siswa SMP di Kota Sungai Penuh berhubungan dengan motivasi belajar dan dukungan keluarga. Diharapkan pihak sekolah mengadakan bimbingan belajar, kelas motivasi, dan melibatkan orang tua untuk mendukung proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Syahrial, SKM, M. Biomed; Nadia Chalida Nur, SKM, MPH
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:52
Last Modified: 19 Jun 2025 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499123

Actions (login required)

View Item View Item