Efektivitas Pelatihan Orientasi Masa Depan Pada Remaja Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh

Rajagukguk, Della Ria Stefani (2025) Efektivitas Pelatihan Orientasi Masa Depan Pada Remaja Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Salah satu tugas penting yang harus dipenuhi adalah mempersiapkan masa depan. Pemenuhan tugas ini tentunya harus didampingi orang yang lebih dewasa khususnya orang tua untuk mengarahkan perilaku dan pemenuhan kebutuhan psikososial remaja. Namun, tidak semua remaja memiliki akses terhadapa dukungan keluarga, terutama mereka yang mengalami keterbatasan ekonomi atau kehilangan keluarga. Kondisi ini menyebabkan sebagian remaja tinggal di lingkungan lembaga sosial seperti asuhan, sehingga mereka memiliki tantangan tersendiri dalam hal pembinaan dan perencanaan masa depan. Oleh karena itu, pelatihan orientasi masa depan dirancang untuk membantu remaja panti asuhan mengenali potensi, menetapkan tujuan dan membangun motivasi untuk mencapainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan orientasi masa depan dalam peningkatan orientasi masa depan anak remaja Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah 14 orang remaja Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai Gurun Laweh dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan penambahan kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan adaptasi Prospective Life Course Questionnaire bagian Future Work and Career (alpha=.926). Hasil penelitian ini mendapatkan nilai p = .005 (p< .05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan skor orientasi masa depan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan. Efek atau pengaruh pemberian pelatihan berada pada kategori besar dengan nilai Cohen’s d sebesar 0,9.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc., Ph.D; Yantri Maputra, M.Ed., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anak Panti Asuhan; Orientasi Masa Depan; Pelatihan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:37
Last Modified: 19 Jun 2025 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498920

Actions (login required)

View Item View Item