Hubungan antara Academic buoyancy dan Academic Burnout pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Febbriansyah, Jeneri (2025) Hubungan antara Academic buoyancy dan Academic Burnout pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa kedokteran dihadapkan oleh berbagai tuntutan akademik yang tinggi dibandingkan dengan jurusan lain. Tuntutan akademik tersebut dapat menjadi salah satu penyebab academic burnout pada mahasiswa kedokteran. Untuk menghadapi tuntutan akademik yang tinggi diperlukan suatu kemampuan untuk menghadapi tugas-tugas akademik sehari-hari yang akan dihadapi mahasiswa kedokteran salah satunya adalah academic buoyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic buoyancy dan academic burnout pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Responden pada penelitian ini berjumlah 278 mahasiswa pendidikan dokter Universitas dari angkatan 2021-2024. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Academic buoyancy diukur dengan menggunakan skala Academic Buoyancy Scale-Accounting Student (α = .845) yang telah diadaptasi peneliti, dan academic burnout diukur menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (α = .899) yang telah diadaptasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasional spearman’s rank, diperoleh nilai p= .000 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara academic buoyancy dan academic burnout pada Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Semakin tinggi academic buoyancy yang dimiliki Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, maka semakin rendah academic burnout yang dimiliki , dan begitu pula sebaliknya. Kata Kunci: Academic burnout, academic buoyancy, mahasiswa kedokteran

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Mafaza, S.Psi., M.Sc; Nelia Afriyeni, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Academic burnout; Academic buoyancy; Mahasiswa kedokteran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 19 Jun 2025 09:00
Last Modified: 19 Jun 2025 09:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498431

Actions (login required)

View Item View Item