Febbriansyah, Jeneri (2025) Hubungan antara Academic buoyancy dan Academic Burnout pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version Download (250kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (260kB) |
![]() |
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (163kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (211kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa kedokteran dihadapkan oleh berbagai tuntutan akademik yang tinggi dibandingkan dengan jurusan lain. Tuntutan akademik tersebut dapat menjadi salah satu penyebab academic burnout pada mahasiswa kedokteran. Untuk menghadapi tuntutan akademik yang tinggi diperlukan suatu kemampuan untuk menghadapi tugas-tugas akademik sehari-hari yang akan dihadapi mahasiswa kedokteran salah satunya adalah academic buoyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic buoyancy dan academic burnout pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Responden pada penelitian ini berjumlah 278 mahasiswa pendidikan dokter Universitas dari angkatan 2021-2024. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Academic buoyancy diukur dengan menggunakan skala Academic Buoyancy Scale-Accounting Student (α = .845) yang telah diadaptasi peneliti, dan academic burnout diukur menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (α = .899) yang telah diadaptasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasional spearman’s rank, diperoleh nilai p= .000 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara academic buoyancy dan academic burnout pada Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Semakin tinggi academic buoyancy yang dimiliki Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, maka semakin rendah academic burnout yang dimiliki , dan begitu pula sebaliknya. Kata Kunci: Academic burnout, academic buoyancy, mahasiswa kedokteran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Mafaza, S.Psi., M.Sc; Nelia Afriyeni, S.Psi., MA |
Uncontrolled Keywords: | Academic burnout; Academic buoyancy; Mahasiswa kedokteran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 09:00 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 09:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |