Gambaran Tingkat Kepuasan Pada Pasien Pasca Tindakan Odontektomi Molar Ketiga Di Rumah Sakit Universitas Andalas

Elvina, Hanniza Putri (2025) Gambaran Tingkat Kepuasan Pada Pasien Pasca Tindakan Odontektomi Molar Ketiga Di Rumah Sakit Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover&Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Elvina Hanniza Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: masalah impaksi gigi molar ketiga merupakan salah satu kasus yang umum dalam bidang kedokteran gigi dan sering kali ditangani melalui prosedur bedah yang dinamakan odontektomi. Tingkat kepuasan pasien teradap layanan pasca tindakan tersebut menjadi indikator penting dalam menilai mutu pelayanan rumah sakit. Rumah Sakit Universitas Andalas merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Padang yang paling sering melakukan tindakan odontektomi. Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien pasca tindakan odontektomi molar ketiga di Rumah Sakit Universitas Andalas berdasarka lima dimensi kualitas pelayanan metode ServQual, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode Penelitian: penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dari 36 responden yang telah menjalani tindakan odontektomi molar ketiga menggunakan kuesioner kepuasan pasien. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling, dan analisis data dilakukan secara univariat menggunakan persentase. Hasil: menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien dikategorikan sangat puas (82%). Dimensi kepuasan tertinggi adalah pada dimensi reliability (84%), sedangkan skor terendah terdapat pada dimensi tangible (80%). Kesimpulan: berdasarkan hasil penelitian, didapatkan sebagian besar pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan pasca odontektomi. Namun, masih terdapat aspek yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal fasilitas fisik untuk menunjang kenyamanan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:47
Last Modified: 17 Jun 2025 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497723

Actions (login required)

View Item View Item